Rapat Kerja Kependudukan, Seluruh Operator Desa & Kecamatan Se-Bondowoso “SIAP HADAPI PILKADA 2024”

Senin (08/07/2024) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bondowoso menyelenggarakan Rapat Kerja Bidang Kependudukan bagi Operator Desa dan Kecamatan Se-Kabupaten Bondowoso dengan fokus tema “Kesiapan Operator Adminduk Desa/kelurahan dan Kecamatan dalam Menyongsong Pilkada 2024”. Kegiatan ini diikuti oleh 219 Operator Desa dan 23 Operator Kecamatan, Bertempat di Ballroom Ijen View Hotel & Resort Rapat Kerja ini dihadiri langsung oleh Kepala Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jatim Bapak R. Hari Chandra Noviyanto, SE, MM yang juga bertindak sebagai Keynote Speaker.

Dalam paparan materinya Bapak R. Hari Chandra Noviyanto, SE, MM berpesan tentang pentingnya pembaruan data kependudukan sebagai dasar bagi pemerintah untuk membuat kebijakan, sehingga operator di desa, kelurahan dan kecamatan diharapkan paham akan tugas dan fungsinya sebagai ujung tombak validitas data adminduk karena setiap hari bersinggungan langsung dengan masyarakat. Beliau juga mengingatkan agar warga di Bondowoso mulai bertranformasi pada layanan kependudukan yang mengarah ke digitalisasi sehingga kedepannya mempermudah akses penggunaan identitas penduduk serta meningkatkan efisiensi dalam berbagai sektor masyarakat

Acara dilanjutkan dengan pembekalan materi tentang layanan kependudukan oleh Bapak Drs. Agung Tri Handono, SH, MM. materi yang beliau sampaikan juga berfokus tentang tranformasi digital layanan kependudukan khususnya penggunaan aplikasi IKD (Identitas Kependudukan Digital). diharapkan para operator desa, kelurahan dan kecamatan dapat ikut memacu penggunaan IKD di masyarakat sesuai dengan instruksi presiden yakni percepatan peralihan digital dan keterpaduan layanan digital  nasional melalui IKD yang nantinya akan terhubung dengan pembayaran digital, dan pertukaran data utk layanan publik.

Beliau juga menyampaikan tentang Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh dukcapil Bondowoso untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya melakukan pencatatan atas peristiwa-peristiwa yang terjadi. Seperti perkawinan, kelahiran, kematian agar data demografi di Bondowoso dapat selalu terupdate.

Antusiasme tinggi peserta Rapat Kerja terlihat dengan banyaknya pertanyaan mengenai layanan kependudukan dan pencatatan sipil kepada pemateri saat sesi tanya jawab berlangsung, namun karena terbatasnya waktu tidak semua pertanyaan dapat diakomodir. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama kepala Dinas Dukcapil dengan seluruh peserta. (r13l)

Share Berita Ini