DUKCAPIL SOSIALISASIKAN KEMBALI LAYANAN SAID KEPADA OPERATOR DESA SE-KABUPATEN BONDOWOSO

Kamis (29/11/2023) bertepatan di hari ulang tahun ke -52 KORPRI, Dukcapil mengundang seluruh operator desa se-kabupaten Bondowoso untuk mengikuti sosialisasi aplikasi Sistem Administrasi dan Informasi Desa (SAID) . Menurut Nelly selaku Kepala Bidang Pencatatan Sipil, “sebenarnya SAID bukan hal baru bagi operator desa karena sekitar tahun 2019 pernah diaplikasikan namun kurang optimal, saat ini animo masyarakat untuk mengurus adminstrasi kependudukan cukup tinggi sehingga dibutuhkan layanan yang bisa menjangkau hingga ke seluruh desa. oleh karena itu, Dukcapil berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) selaku pengampu aplikasi SAID dan Kominfo Bondowoso untuk “membangkitkan” kembali SAID”.

Ada beberapa perubahan yang dilakukan Dukcapil pada Aplikasi SAID khususnya untuk layanan Kependudukan seperti tampilan menu yang dibuat simple serta perubahan persyaratan pengajuan mengacu pada aturan PERMENDAGRI terbaru sehingga memudahkan operator desa untuk memahami alur pengajuan dokumen kependudukan,

berikut ini adalah layanan yang bisa diakomodir oleh aplikasi SAID

Dalam kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini (28-29 Nov 2023) antusiasme cukup tinggi sangat terlihat dengan banyaknya pertanyaan dari para operator desa sesaat setelah narasumber memaparkan fitur dan menu – menu apa saja yang dapat diakses pada aplikasi SAID. menurut Jufri, salah satu operator desa yang hadir “Aplikasi SAID ini jika memang dapat berjalan lancar akan dapat memangkas waktu dan sangat membantu perangkat desa dalam hal layanan ke masyarakat Karena berbasis online.  yang dialami operator desa selama ini untuk pengajuan Kartu Keluarga, akta lahir ataupun akta kematian membutuhkan 4-5 hari kerja untuk selesai, belum lagi operator desa harus wara-wiri  ke kantor Dukcapil untuk mengambil dokumen yang telah tercetak”. (r13l)

Share Berita Ini