DUKCAPIL BONDOWOSO MENGADAKAN BIMTEK PENINGKATAN KAPASITAS APARATUR UNTUK PENINGKATAN LAYANAN KEPADA MASYARAKAT

Peningkatan kualitas layanan terutama bagi OPD/dinas yang melakukan layanan publik adalah hal yang sangat vital karena berkaitan erat dengan indeks kepuasan masyarakat. Berangkat dari hal tersebut Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bondowoso melakukan inisiasi demi peningkatan layanan di semua lini baik front Office hingga back office dengan membekali seluruh tim pada BIMTEK yang bertajuk “ MEMBANGUN VISI ORGANISASI UNTUK MENCIPTAKAN PELAYANAN DUKCAPIL YANG MEMBAHAGIAKAN MASYARAKAT”

Bertempat di Hotel Ketapang Indah Banyuwangi, sabtu(28/10/2023) seluruh pejabat dan staff dukcapil baik ASN dan Non ASN mengikuti seluruh kegiatan bimtek. Bertindak sebagai pemateri kepala Dispendukcapil Bondowoso Drs. Agung Tri Handono, SH. MM menekankan bahwa layanan di dukcapil ada 2 jenis yakni intern dan ekstern

Layanan intern berkaitan erat dengan layanan langsung ke masyarakat sehingga sikap, tingkah laku dan tata cara komunikasi kepada masyarakat harus sebisa mungkin menciptakan rasa “nyaman”, kedepan layanan intern ini akan terus ditingkatkan dengan adanya pelatihan Public Relation bagi tim front office secara berkelanjutan.

Mengenai layanan ekstern atau layanan kepada pihak luar beliau mnejabarkan hasil Rakornas kependudukan di Palembang pada Oktober 2023, dimana saat ini ada kurang lebih 7.600 instansi baik swasta maupun negeri yang menggunakan data dukcapil sebagai data pokok. Sehingga tingkat keakuratan data menjadi hal yang wajib bagi setiap lini pekerjaan di dukcapil, oleh karena itu ketelitian saat proses verifikasi dan validasi data warga berperan penting dalam baik atau buruknya data yg dihasilkan oleh dukcapil.

Dalam acara Bimtek ini pula disisipkan acara “ LEPAS PISAH” bagi rekan kami di dukcapil yang telah memasuki masa purna tugas di tahun 2023 ini, diantaranya adalah Bapak Sukardi (Administrator Database Kependudukan Ahli Muda), Imam Wahyudi (Administrator Database Kependudukan Ahli Muda), Ir. Heru Karsono (Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk). Dimana pada acara ini Bapak Sukardi berhalangan untuk hadir.

123

Kami atas nama keluarga besar dispendukcapil Bondowoso mengucapkan Terima kasih atas pengabdian dan dedikasinya selama berdinas di dispendukcapil, teruslah berkarya dan menjadi inspirasi bagi semua orang. (r13l)

Share Berita Ini