Akhirnya FINISH !!!!! PARADE ROADSHOW DUKCAPIL 2024

BONDOWOSO – Kamis (07/03/2024) berlokasi di Aula Kantor Kecamatan Curahdami, Dukcapil Bondowoso mengakhiri rangkaian acara awal tahun #Roadshow_Dukcapil dengan tema “BIMTEK PERCEPATAN PEREKAMAN WAJIB KTP-EL DAN TRANSFORMASI DATA KEPENDUDUKAN DIGITAL DALAM MENYONGSONG AGENDA PILKADA TAHUN 2024”.

Kegiatan #Roadshow_Dukcapil yang dimulai sejak tanggal 21 Februari 2024 ini telah terselenggara di beberapa titik diantarannya :

  1. Kecamatan Tapen (21/02/2024)
  2. Kecamatan Sumber Wringin (22/02/2024)
  3. Kecamatan Prajekan (26/02/2024)
  4. Kecamatan Bondowoso (04/03/2024)
  5. Kecamatan Maesan (05/03/2024)
  6. Kecamatan Pujer (06/03/2024)
  7. Kecamatan Curahdami (07/03/2024)

Drs. Agung Tri Handono, S.H., MM saat menyampaikan materi di Aula Kecamatan Bondowoso pada Acara Roadshow

Pada acara ini Dukcapil mengundang seluruh operator desa dan kecamatan, Koordinator Bidan Desa, serta unsur Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang ada di sekitar lokasi Roadshow. Kepala Dinas Dukcapil Bondowoso Drs. Agung Tri Handono, S.H., MM yang Bertindak langsung sebagai Keynote Speaker di semua titik menekankan bahwa ada 2 tujuan utama dari roadshow ini diantaranya adalah :

  • dalam rangka menyongsong agenda pilkada pada bulan November 2024 Dispendukcapil ingin memastikan warga yang telah berusia 17 tahun keatas sudah melakukan perekaman KTP-el , karena hal ini berkaitan erat dengan data penduduk potensial pemilih (DP4) yang digunakan oleh KPU sebagai dasar Daftar Pemilih Tetap (DPT).
  • Selanjutnya adalah masih banyaknya anomali data dalam komponen data kependudukan dimana hal ini sangat berpengaruh terhadap kelancaran pelaksanaan program dan kegiatan pemerintah contohnya seperti Bansos, UHC, Beasiswa, Subsisdi dll. Maka dalam kesempatan ini beliau menghimbau perlu adanya  sinergi antara dukcapil, pemerintah kecamatan, hingga pemerintah desa dan pihak-pihak seperti bidan desa yang setiap hari berhubungan langsung dengan warga dapat membantu menyediakan data kependudukan yang valid.

Pada event #Roadshow_Dukcapil ini juga terdapat stand layanan rekam KTP-el, serta layanan kependudukan lainnya seperti  layanan KK, Akta lahir dan kematian, KIA, dan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) secara on the spot yang dimulai sejak pukul 08:00 WIB hingga acara selesai. Semoga dengan adanya event ini warga masyarakat di Kabupaten Bondowoso dapat sadar akan pentingnya data dan dokumen kependudukan. (r13l)

Share Berita Ini